S.H. Autobus Dienst, Perusahaan “travel” Milik Tuan Sato Shigeru

S. H. Autobus Dienst, Tuan Sato Shigeru.jpg

Oleh: Vecco Suryahadi (@Veccosuryahadi)

Pada tahun 1924, koran Jepang berjudul Jawa Nippo menerbitkan sebuah iklan perusahaan “travel” baru bernama S.H. Autobus Dienst yang didirikan di Garut. Pendiri sekaligus pemilik “travel” baru ini ialah Tuan Sato Shigeru yang sebelumnya telah menjadi pemilik Perkebunan Sato Noen. Rute pertama yang dibuka ialah Bandoeng-Garoet.

Lambat laun perusahaan ini memperluas jaringannya di Jawa Barat. Jaringan pertama yang ditambah ialah Bandoeng-Soekaboemi, Garoet-Tjikadjang, Garoet-Pameungpeuk. Selanjutnya dibuka rute Batavia-Soekaboemi dan Bandoeng-Cheribon untuk menyambungkan jalur-jalur sebelumnya. Hingga pada akhir tahun 1927, total jaringan “travel” Tuan Sato sepanjang 557 km!

Walau memiliki rute-rute tersebut, S. H. Autobus juga melayani perjalanan pribadi. Salah satunya ialah perjalanan Marquis Tokugawa ke Observatorium Bosscha dan Lembang tahun 1929. Selama perjalanan ini, Marquis terkejut dengan mobil S.H. yang melaju dengan mulus tapi secepat panah. Perjalanan keturunan pendiri Shogun Tokugawan ini dicatat olehnya dalam buku berjudul Perdjalanan Menoedjoe Djawa.

Untuk melayani rute “travel” S.H. dan perjalanan khusus tersebut, Tuan Sato menggunakan 24 bis dan sejumlah mobil. Jumlah kendaraan yang luar biasa itu berhasil menempatkan S. H. Autobus Dienst sebagai perusahaan yang memonopoli jasa transportasi kendaraan bermotor di Jawa Barat. Semua itu diperoleh S.H dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Sayangnya, saya tidak menemukan cerita tentang “travel” Tuan Sato saat pendudukan Jepang di Hindia Belanda dan masa bersiap. Ada kemungkinan perusahaan itu bubar saat Jepang menguasai Jawa. Tapi itu hanya perkiraan saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s