Totongan atau Debregeasia longifolia (Burm. f.) Wedd.

Oleh : Arifin Surya Dwipa Irsyam (@poisionipin)

Sudah 2 kali saya dikejutkan oleh kehadiran Debregeasia longifolia (Burm.f.) Wedd. yang tumbuh dipinggir jalan besar di kota Bandung, jl. Setiabudhi dan jl. Dayang Sumbi. Keduanya masih kecil dan baru tumbuh. Mengapa saya terkejut? Yuk kita simak..

Debregeasia longifolia (Burm.f.) Wedd. atau dalam bahasa sunda disebut “totongan” merupakan salah satu jenis tumbuhan dari famili Urticaceae (keluarga pulus atau jelutung).

Tumbuhan hutan ini tingginya dapat mencapai 5 m. Permukaan daun bagian atas kasar dan berwarna hijau, sedangkan permukaan bagian bawah berwarna putih-kelabu. Karangan bunga tumbuh dari bagian ketiak daun. Buah yang sudah masak berwarna merah, dan dapat dimakan sebagai buah survival. Rasanya asam.

Debregeasia longifolia (Burm.f.) Wedd. dijumpai diseluruh pulau Jawa, hidup pada ketinggian 500-2600 m dpl. Umumnya tumbuh di hutan terbuka, hutan sekunder, jalan setapak, perkebunan teh, dan lereng gunung api. Spesies ini merupakan tumbuhan khas pada lahan suksesi di hutan, atau lahan yang sedang mengalami pemulihan dari kerusakan.

Yang tertarik lihat Debregeasia longifolia (Burm.f.) Wedd. secara langsung, kapan2 saya tunjukkan ya :). atau bisa juga main2 ke Taman Hutan Raya Juanda (disekitar curug omas).

Note: foto ini saya ambil di pinggir Jl. Setiabudhi, Bandung.

Image

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s