Tiga Kegiatan Asyik Bersama Komunitas Aleut

Oleh: Sora Soca (@SoraSoca)

Kamu takut jika harus berjalan sendirian mengenal sejarah atau lagi bingung dengan asal-usul suatu tempat di Kota Bandung? Datanglah ke Komunitas Aleut. Di komunitas ini dijamin kalian akan ditemani orang-orang yang bisa menuntun dengan sejarah kota.

Ingin bukti? Silakan datang ke jalan Solontongan nomor 20-D, Bandung. Di Kedai Preanger, mereka menyelenggarakan Kamisan Aleut setiap hari Kamis. Kamisan ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk koordinasi dan konsolidasi pegiat aktif komunitas. Semua ide termasuk rencana kegiatan komunitas akan dibahas pada Kamisan.

Kamisan Komunitas Aleut_Huyogo Simbolon

Sorasoca berkesempatan menyambangi kegiatan yang dimulai sore menjelang maghrib ini. Para pegiat Aleut tampak serius berbincang. Namun selama Kamisan berlangsung suasana tetap cair. Canda tawa dan diskusi terhampar di sini.

Selain Kamisan, terdapat kelas literasi yang diselenggarakan Komunitas Aleut setiap hari Sabtu. Dalam kelas ini, para anggota tidak hanya dilatih untuk getol membaca. Tetapi juga lebih mendalami wawasan tentang sejarah dan hal-hal lainnya.

Ngaleut_Dokumentasi Komunitas Aleut 

Salah seorang pegiat literasi, Gina Azriana, mengatakan kegiatan ini bermanfaat dan dapat menumbuhkan rasa percaya diri.

“Selain menambah teman dan wawasan, kegiatan ini bisa mengeksplor bakat kita. Mengikuti kelas ini juga membuat saya lebih berani bicara dari yang awalnya malu-malu,” ujar mahasiswi tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional itu.

Gina menyebut alasan mengikuti kelas literasi ini bukan semata-mata karena ia anggota Komunitas Aleut. “Lama-lama jadi lebih banyak tahu dari buku. Saya paling suka saat meresensi,” ucapnya.

 Ngaleut_Dokumentasi Komunitas Aleut 

Program di Aleut yang tak kalah menyenangkan ialah dengan mengikuti kegiatan Ngaleut. Ngaleut merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap hari Minggu oleh Komunitas Aleut. Buat kalian yang hobi jalan-jalan sambil mengapresiasi sejarah bisa segera mendaftar. Bagaimana caranya?

Caranya mudah. Cukup dengan memantau mereka di sosmed @KomunitasAleut atau lewat instagram @komunitasaleut serta fanpage Facebook Komunitas Aleut. Nanti, setiap kegiatan reguler mereka akan diumumkan lewat akun-akun tersebut. Lalu, konfirmasi kehadiran keikutsertaan pada pengurus komunitas. Satu lagi, biaya pendafataran cuma sepuluh ribu rupiah! Dan kamu bisa mendapatkan pin keanggotaan. Bagaimana, sudah punya pilihan? (Huyogo Simbolon)

Tautan asli: https://qubicle.id/story/tiga-kegiatan-asyik-bersama-komunitas-aleut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s