Terinspirasi Suasana Bandung Tempo Dulu

Oleh: Sora Soca (@SoraSoca)

“The most effective way to destroy people is to deny and obliterate their own understanding of their history”

George Orwell

Bersumber dari buku seputar sejarah Bandung, yakni Wajah Bandoeng Tempo Doeloe, karya Haryoto Kunto (Granesia, 1984). Buku ini lah yang kemudian menginspirasi Ridwan Hutagalung untuk menyusuri situs-situs penting di Bandung. Sekitar tahun 2003, kegiatan berjalan kaki menelusuri fakta-fakta di lapangan yang bersumber dari tulisan Haryoto Kunto sudah dilakukan bersama lima rekannya yang lain.

Tiga tahun kemudian Komunitas Aleut dibentuk. Tujuannya masih sama yaitu menjelajahi situs-situs penting sambil belajar bersama-sama mengenali sejarah di Kota Bandung.

Wajah Bandoeng Tempoe Doeloe _Huyogo Simbolon

“Intinya ada beberapa orang yang mengoleksi buku-buku tentang Bandung terutama bukunya Pak Haryoto Kunto. Orang-orang yang suka sama buku ini sering ngobrol dan kemudian tercetus ide untuk menelusuri apa yang ditulis dalam buku itu,” ujar Ridwan yang hingga kini aktif mengasuh Komunitas Aleut.

Dalam mencari berbagai fakta di lapangan tersebut, Ridwan mengatakan, banyak hal yang tidak disadari bahwa banyak tempat di Bandung yang memiliki sejarah. Tanpa disadari bahwa apa yang terlihat sehari-hari ternyata memiliki informasi yang menarik.

Ridwan Hutagalung_Huyogo

Setelah itu komunitas ini lebih rutin memperluas wilayahnya. Tidak hanya di kota tapi ke pinggiran Kota Bandung. Serta tidak alasan khusus dipilihnya hari Minggu untuk menggelar kegiatan Ngaleut. Hanya karena waktu luang yang ada hanya di hari Minggu.

Rupanya, anggota komunitas ini banyak menemukan data menarik yang justru tidak terungkap di dalam buku sejarah. Seperti cerita dari warga sekitar lokasi situs berada.

“Kita juga menggunakan sumber-sumber lain yang berkaitan dengan tempat itu. Referensi buku-buku berbahasa Sunda, Inggris dan Belanda terkait dengan sejarah Bandung,” katanya. (Huyogo Simbolon)

Tautan asli: https://qubicle.id/story/terinspirasi-suasana-bandung-tempo-dulu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s