Membukukan Cerita Perjalanan Aleut

Oleh: Sora Soca (@SoraSoca)

Selain mendatangi langsung ke tempat-tempat bersejarah di Bandung, para pegiat aktif Komunitas Aleut, juga mempunyai kegiatan menulis. Meski bukan wajib, namun para pegiat aktif komunitas pecinta sejarah, wisata, dan lingkungan ini terbiasa menuliskan catatan perjalanan Ngaleut. Tulisan-tulisan mereka bisa dikunjungi di situs mereka, komunitasaleut.com.

Menurut pengasuh Komunitas Aleut, Ridwan Hutagalung, catatan perjalanan tersebut akan dibuatkan buku.

Kamisan Komunitas Aleut _Huyogo Simbolon

“Baru sekarang ini kita rencanakan buat buku yang relatif mewakilkan Aleut untuk diterbitkan. Bukunya berhubungan dengan catatan perjalanan komunitas Aleut dan kita meggandeng penerbit umum,” terangnya.

Meski tak merinci kapan buku akan diterbitkan, Ridwan mengaku materi buku sudah disiapkan. Terutamanya terkait catatan perjalanan Aleut. “Sudah ada (bahannya),” ujarnya singkat.

Ridwan menambahkan, para pegiat Aleut selalu dirangsang untuk menulis catatan perjalanan. Awalnya berupa tulisan ringan, namun tak jarang di antara mereka yang menggunakan literatur sehingga tulisan menjadi lebih berisi.

Buku Pernik KAA _Huyogo Simbolon

“Kita pernah bikin beberapa buku seperti saat ultah Aleut. Bahkan, anggota kita baik yang perorangan maupun yang ramai-ramai menulis buku terkait sejarah,” ungkapnya.

Selain itu, pegiat Aleut yang berasal dari berbagai latar belakang ilmu juga menambah warna di setiap catatan perjalanan mereka. Bahkan, dalam suatu kesempatan para pegiat Aleut melakukan peliputan dalam rangka Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika (KAA). Catatan peliputan yang dilakukan awak komunitas ini kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku berjudul Pernik KAA 2015: Serba-Serbi Peringatan 60 Tahun Konferensi Asia Afrika.

(Huyogo Simbolon)

 

Tautan asli: https://qubicle.id/story/membukukan-cerita-perjalanan-aleut

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s