Komunitas Aleut Temukan Batu Nisan Oeij Bouw Huen

Ria Indhryani – 26 Maret 2014, 21:03 WIB

Bisnis.com, BANDUNG–Komunitas Aleut menemukan sebuah batu nisan yang merupakan kuburan seorang Letnan dari Negara China yang bernama Oeij Bouw Huen pada salah satu daerah pemukiman Kelurahan Babakan Ciamis, Bandung.

Ridwan Hutagalung, Pembina Komunitas Aleut, mengungkapkan pihaknya menemukan makam Oeij Bouw Huen ini pada Sabtu lalu ketika menyusuri Cikapundung untuk mencari informasi tentang bencana banjir di Kota Bandung yang besar dan terjadi pada tahun 1945.

“Saya tidak sengaja menemukannya dan kebetulan juga area ini dulunya merupakan area pemakaman China pindahan dari Oude Kerkhoff (Sentiong), sehingga tidak aneh bila ditemukan sebuah batu nisan area pemukiman ini. Namun, yang menarik adalah ternyata batu nisan ini milik seorang Letnan dari Negeri China,” katanya, Rabu (26/3/2014).

Pada nisan yang menempel di sebuah rumah warga tersebut terpampang tulisan ‘Luitenant Oeij Bouw Hoen 1882. Namun sayangnya, pusara dari makam tersebut sudah tidak terlihat, bahkan tertumpuk bebatuan.

Ridwan mengungkapkan Oeij Bouw Hoen merupakan Letnan China pertama yang ada di Kota Bandung dan pastinya merupakan orang pilihan dengan berbagai kriteria sempurna pada jaman Pemerintahan Hindia Belanda.

Beberapa warga sekitar bahkan tidak memiliki banyak informasi tentang sejarah dari batu nisan tersebut.

“Seharusnya, batu nisan tersebut dijadikan sebuah situs sejarah yang dijaga, bukan dibiarkan seperti ini sehingga informasi tentangnya kurang jelas. Tentu nisan sejarah seperti ini hanya salah satu dari sekian banyak.” (K31/ija)

Tautan asli: http://bandung.bisnis.com/read/20140326/45759/505187/komunitas-aleut-temukan-batu-nisan-oeij-bouw-huen

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s