Kecupan : dari Times Square ke Pegangsaan

Oleh : R.Indra Pratama (@omindrapratama)

14 Agustus 1945 waktu Amerika Serikat atau 15 Agustus waktu Jepang adalah saat Alfred Eisenstaedt mengambil foto legendaris ini, yang biasa disebut V-J Day in Times Square. Foto ini menggambarkan ciuman seorang prajurit angkatan laut kepada seorang suster. Foto ini menjadi icon kegembiraan. Kegembiraan apakah itu?.

Beberapa jam sebelumnya, peristiwa-peristiwa penting dalam sejarah dunia terjadi. Pemerintah Jepang mengumumkan di jaringan radio bahwa mereka akan menerima Deklarasi Postdam. Pengumuman tersebut dikonfirmasi, kali ini oleh Kaisar Hirohito. Pada pukul tujuh malam waktu Jepang, atau siang hari waktu Amerika, Presiden Harry S Truman mengumumkan V-J Day, Victory over Japan.

Jepang dengan menerima Postdam Declaration (kumpulan ultimatum dan tawaran yang dicanangkan Truman, Winston Churchill, dan Chiang Kai-Sek kepada Jepang agar menghentikan perlawanan) berarti sudah menyerah kepada sekutu. Sebelumnya Jepang menolak mentah-mentah ultimatum-ultimatum ini, yang berujung dijatuhkannya bom atom di Hiroshima (tanggal 6 Agustus) dan Nagasaki (9 Agustus).

Setelah peristiwa ini, peta kekuatan militer dunia berubah. Jepang kehilangan kekuatannya di politik dan militer dunia, sekaligus kehilangan jajahan-jajahannya. Hari-hari berikutnya di wilayah dudukan Jepang diwarnai dengan aksi bunuh diri para prajurit Jepang, setelah sebelumnya marak juga terjadi pembantaian para tawanan-tawanan perang asal negara-negara sekutu.

Kondisi vacuum of power menjadi kondisi politik yang dominan di wilayah-wilayah jajahan. Kondisi inilah yang akhirnya membuat para pemuda, baik kelompok Chairul Saleh maupun kelompok Sutan Syahrir, menekan Soekarno dan Moh.Hatta agar secepatnya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. Yang akhirnya memicu pertentangan diantara golongan pergerakan Indonesia.

Sumber :
Ojong, P.K. 2001. Perang Pasifik. Jakarta : Penerbit Kompas (cetakan ke-5).
Hakim, Joy .1995. A History of Us: War, Peace and all that Jazz. New York: Oxford University Press

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s