#InfoAleut: Kelas Literasi “Bosscha” dan Ngaleut “Konfrensi Asia Afrika (KAA)”

Nama Bosscha indentik dengan Sebuah observatorium berdiri yang megah di sebidang tanah seluas 6 hektar di Lembang pada ketinggian 1300 mdpl. Sejak didirikan pada tahun 1923, observatorium sudah memberikan banyak manfaat bagi ilmu pengetahuan, khususnya di bidang astronomi. .
.
Aleutian pasti sudah tahu bahwa nama Bosccha itu diambil dari seorang Belanda pemilik perkebunan teh terbesar di tanah Priangan, yaitu Karel Albert Rudolf Bosscha. Tapi bukan Obeservatorium saja peninggalan Bosscha yang masih bisa dimanfaatkan sampai sekarang. Bosscha pun memperhatikan pendidikan para pekerjanya dengan mendirikan sekolah dan bangunan lainnya yag masih berdiri megah hingga detik ini. .
.
Yuk kita kenali lebih dekat tentang siapa sebenarnya Bosscha dan kita susuri jejak Bosscha di Bandung selengkapnya dalam Kelas Literasi yang bertepatan dengan hari pelaksanaan Tur Bosscha. –
Aleutian yang sudah mendaftar, siap-siap untuk berangkat hari Sabtu , 25 November 2017

***

“Nun di suatu masa nanti, Terusan Suez bakal bermandikan darah, api berkobar dahsyat di benua Asia dan Afrika. Akhirnya kedua benua, akan berpaut menyatu padu di kota ini!” – Drs. Sosrokartono

Sosorokartono adalah kakak kandung R.A. Kartini, seorang poligot yang menguasai 37 bahasa. Sempat malang melintang sejak menjadi mahasiswa di Negeri Belanda hingga menjadi jurnalis di kancah PDI dan penerjemah di Liga Bangsa-Bangsa.

Saat kembali ke Hindia Belanda, ia tinggal di kota yang dijuliki Parijs van Java yang sedang giat-giatnya membangun di medio tahun1920-an. Saat itulah Sosotokartono meramalkan tentang suatu peristiwa bertemunya dua benua Asia dan Afrika di kota Bandung.

Inilah salah satu kisah ramalan tentang peristiwa Konferensi Asia Afrika.
Mau tahu lengkapnya ramalan dan peristiwa seputar KAA? Yuk ngaleut. Hari Minggu tanggal 26 November 2017. Kumpul di Titik 0KM. Kita akan susuri kota Bandung dengan sejarahnya yang berkenaan dengan KAA.

Untuk detail info kegiatan da konfirmasi kesertaan bisa dicek di akun dan narahubung berikut
Line: @ Komunitasaleut
Twitter: @ Komunitasaleut
Instagram: @ Komunitasaleut
Whatsapp +6289680954394 (Irfan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s