Aleut Kuliner, Maknyos!

Oleh : Dinda Ahlul Latifah (@propesordinda)

Hallo! apa kabar Indonesia muda? yang tua juga apa kabar?. Aku mau lapor cerita ngaleut lagi. Kali ini gak ada kisah pemerkosaan sungai atau penjelajahan ekstrem. Kali ini ceritanya soal kuliner,makan..makan..makan…!

Jadi seperti biasa kami semua para ALEUT RANGERS pasti ngaleut tiap hari minggu pagi, itu jadwal mutlak ngaleut, udah di patenin belum jadwalnya???. Jadinya sekarang di Kalender Aleut dan kalender aku khususnya, (aku gapunya kalender sih *-_-“)  tiap hari minggu pasti ditandai sebagai hari aleut nasional.

Nah curcol dikit deh yah, jadi minggu kemaren itu asalnya aku gabakal ngaleut. Gara gara bentrok sama acara lain juga, dan dua-duanya sama pentingnya seperti yang tertera dalam kitab UUD pasal 20 ayat 5. Akhirnya kan aku dilema berat tuh,di setel deh lagunya Cherrybelle yang judulnya Dilema. Tapi gak ngasih kepastian sama sekali, mubazir dengernya -__-“.
========================================================================
Oke, lanjut ke perjalanan ALEUT KULINER kami yah! akhirnya aku mutusin buat NGALEUT, keputusannya aku ambil dadakan banget, gapake semedi segala, gapake minta wangsit , gapake ngeluarin SK kaya presiden.

Kami semua para aleut rangers kumpul di depan Museum Asia Afrika, dan jadwal kumpulnya sih jam 7.30, tapi namanya juga orang indonesia, jam 8.30 baru berangkat ngaleut.aku sendiri datengnya jam 8 sih..he..he ;)).

Dan hari itu aleut rangers yang dateng cuma dikit sih, gak terlalu banyak. Aneh,padahal ini ALEUT KULINER ,berarti korelasinya sama perut kan, nah tapi perut korelasinya sama SAKU,DOMPET,DUIT ;)).

 (Nah ini,waktu lagi sesi perkenalan para aleut rangers,sebelum ngaleut kita semua emang selalu perkenalan,selain kenalan sama aleut rangers baru juga ini buat antisipasi kejadian kalau suatu saat nanti kita ketemu dijalan,dan malah pura pura gak kenal.awas loh yah -__-“)

Sehabis perkenalan kita semua langsung langkah tegak maju jalan, memulai aleut kuliner-nya 😉 belom apa apa cacing cacing di perut udah pada dugem, nantinya diperjalanan pasti bakal banyak banget sejarah sejarah tempat makan yang melegenda, mulai dari yang masih ada sampai yang telah punah tinggal sejarah. Nah ini nih salah satu hal yang aku khawatirkan saat aleut kuliner, “lapar musnah,duit punah” -__-“.

Kami pun berhenti di depan sebuah TOKO KUE dan BAKERY yang udah bisa liat sendiri kan bangunanya tua dan gaya arsitekturnya KUNO. Ini tuh katanya tempat kongkow nya para menir dan noni belanda. Hmm..kongkow disana juga yuk? siapa tau keluar dari sana langsung pinter bahasa Belanda..-__-” .

 Lalu kita semua pun memutuskan untuk berhenti di seberang restoran Sumber Hidangan yang letaknya di jl BRAGA.

(Nah, bangunan yang tembok jendela dan pintu-nya coret coret itu adalah bangunan restoran Sumber Hidangan. Ya,restorannya tutup,dan maap banget pas lagi penjelasan soal Restoran Sumber Hidangan ini aku ga fokus dengerin gara gara cacing cacing diperut kompakan nari tor-tor-__-” dan samar samar yang aku dengar soal sumber hidangan ini, katanya siklus bukanya itu PAGI BUKA, SIANG TUTUP, SORE BUKA SAMPE MALAM. Wah asa kagok yah. Terus di restoran ini juga dijual hidangan yang terbuat dari BABI, yaitu steak babi. Tapi selain itu masih banyak menu menu enak dan halal yang ditawarkan, ada kue soes-nya juga. Ini restoran tempat makannya orang orang Belanda, dari jaman dahulu kala sudah ada. Ayo silahkan dicoba yah pemirsa, dateng aja langsung ke tempatnya ;3

(ini foto yang iseng aku ambil pas lagi jalan. Aneh kemana mempelai pria-nya?-_-“)

(Dan ini salah satu pemandangan FAVORIT aku. Keren aja liatnya ;3 bapak sama anak-anaknya ini kompak banget 😉
========================================================================

Selanjutnya, kami semua mampir ke  BRAGA PERMAI. Ehm bukan mampir sih, cuma liat liat aja sambil sharing dan cerita tentang BRAGA PERMAI. Jadi BRAGA PERMAI itu restoran yang punya LISENSI buat masak resep makanannya Ratu Belanda dulunya. Tapi walaupun BRAGA PERMAI ini restoran Belanda nama menu masakannya pake bahasa Perancis loh.

Nah, seperti yang kalian liat keadaan langitnya bandung di pagi itu biru banget kan yah, cerah,indah,kalau kata ceribel mah ISTIMEWA ;3.apalagi suasana Braga pagi itu juga masih WOLES coy,jadi enak bangetlah jalan jalan pagi di Braga 😉 bisa cuci mata liat bangunan bangunan keren dan lukisan lukisan uniknya ;3 keadaan Braga di pagi hari berbanding terbalik sama keadaan Braga di malam hari,ga berani motret ah x))) haha.coba cek sendiri aja yah ;)).
=========================================================================
Perjalanan kami masih berlanjut! kami semua para Aleut Rangers langsung menuju ke GERBANG APANDI, bukan AFANDI. Kan orang Sunda gabisa bilang FFFF!! eh gerbang atau gang sih? -_-“.

(Nah ini dia penampakan Gang Apandi itu,di atasnya ada itu apa ya? semacam janur yang mengering?? Gang Apandi ini jalan tembus menuju Banceuy)

(Dan pemandangan di gang yang pertama kami lihat adalah PENAMPAKAN HOTEL ini -_-” gilaa ini tinggi banget, kelebihan kalsium nih hotelnya. Jadinya rumah rumah warga itu nyempil diantara cakaran gedung gedung kelebihan kalsium yang jumlahhnya semakin membabi buta. Jadi percis jakarta, di balik gagah gedung gedung pencakar langit terselip gubug gubug reot yang tak terurus. Ini realita dan ini Bandung kita.

(Lama lama mungkin rumah rumah penduduk yang lumpuh ini akan ludes juga diserang proyek super para kontraktor. Mungkin beberapa tahun kedepan nanti gedung gedung kelebihan kalsium itu akan merembet sampai ke perkampungan warga, nah sekarang gimana solusinya biar pertumbuhan membabi buta gedung gedung kelebihan kalsium ini bisa di jinakan. Hmm..solusinya adalah..tanya Ridwan Kamil yuk).

(para Aleut Rangers berfoto diatas jembatan yang dibawahnya terdapat aliran Sungai Ci Kapundung,bukan Sungai Nil ;3).

(itu aliran Sungai Ci Kapundung yang membelah perkampungan warga, kontras yah. Belahan aliran sungai itu seakan membelah KASTA. Kasta gedung dan kasta kampung. Ini realita ini Bandung kita).

(keren nih, udah kaya poster fiilm aja ;))bentar ini yang motoin siapa yaaaaah ;))) )

(yupp dan para Aleut Rangers kompakan foto di atas tangga jembatan,ini teh padahal ngahalangan jalan ,hahaha ).

Oke dan saat itu ternyata ada 2 orang Aleut Rangers yang ketinggalan rombongan, jadinya kami semua harus nunggu di atas jembatan, yah sambil nunggu sambil foto foto. Akhirnya kedua Aleut Rangers bisa diketemukan, kami semua melanjutkan perjalanan, karena duduk duduk di atas tangga jembatan emang mutlak ngaheurinan dan ngalangin jalan.
=========================================================================

(Ini waktu kami lagi share cerita tentang sejarah kuliner Kota Bandung lagi, tapi lagi-lagi saya ga fokus. Ternyata cacing diperut saya sekarang malah shuffle dance, jadi saya gabisa mencerna ceritanya dengan baik.maap ya-__-“).

Oke ini kan judulnya ALEUT KULINER, tapi pasti pada heran..MANA MAKANANNYA? yah sabar-sabar. Ini memang Aleut Kuliner, tapi kami bukan anak buahnya Bondan Winarno, tidak semua makanan yang masuk ke perut harus di shoot. Nanti kalian pada kabita kan kasian, apalagi kalo baca ini pas bulan puasa ;(( malah dosa ;((.

==========================================================================

(Nah ..JRENG JRENG.ini kan yang kalian tunggu tunggu? YUP! akhirnya kami berhasil mendatangi MANGSA PERTAMA, yaitu LOTEK ALKATERI, lotek ini udah terkenal dan melegenda, tempat jualannya sederhana dan jualan pake tenda biru, tapi tidak dihiasi janur kuning.

DAN…
Ini dia penampakan wajah wajah merdeka, puas menikmati lotek yang mereknya alketiri ini. Cacing cacingnya udah ga nari tor tor lagi kan?.

NAH , kalo kalian mau nyobain lotek merek Alkateri yang ORIGINAL dan bukan KW , bisa langsung dateng ke sekitar Jl.ABC, disana ada tenda biru yang tidak dihiasi janur kuning menjual menu lotek istimewa, namanya LOTEK ALKATERI, mangga di tampi ;))).

=========================================================================
Selesai makan lotek. Eh makan loteknya sambil jalan sih, maksudnya kami pun melanjutkan ALEUT KULINER ke tempat yang lainnya. Kali ini KULINER KOPI yang kebagian di omongin.

DAN..
Ini dia salah satu warung kopi/kedai kopi terkenal lainnya.namanya WARUNG KOPI PURNAMA, kalau gak salah dulu pernah masuk COFFE STORY KOMPAS TV, tapi kalo salah yah maap aja,manusia tidak luput dari kesalahan kan?.

(katanya rasa kopi di kedai ini tuh KHAS banget. Tapi kami ga sempet nyobain kopinya kami sayang dompet kami, konon harganya 10 kali lipat kopi torabika. Itung sendiri deh ;))) ).

Nah di Kedai Purnama ini kita bisa beli kopi dengan 2 cara. Cara pertama beli kopi jadi langsung minum deh ,tapi tiuup dulu jangan ditelen panas-panas. Dan cara kedua beli biji kopinya terus digiling sendiri dirumah, ya itupun kalo punya gilingan kopi, kalau gapunya? tepokin pake palu aja -_-“.

(Nah ini waktu kami semua lagi cerita cerita soal KOPI. Waktu itu Kak Reza ngejelasin berbagai jenis kopi, ada kopi TORABIKA, ARABIKA dan ROBUSTA. Eh yang disebutin pertama itu harusnya disensor sih ;))) ).

Dan yang ngebedain kopi ARABIKA & ROBUSTA itu adalah tingkat keasamannya katanya. Bentar, selama ini aku minum kopi gak pernah ada rasa asemnya kok -_-” dulu aku malah ngira kopi ARABIKA itu kopi yang di import dari Arab, dan kopi ROBUSTA itu kopi yang direbus. Baiklah, karena ALEUT KULINER semua hipotesis itupun TERBANTAHKAN.
==========================================================================

(Nah, kami pun melanjutkan perjalanan dan ambil jalur tembus lewat PASAR KOTA KEMBANG. Beginilah penampakan pasar Kotkem di pagi hari. Masih sepi, belum banyak yang belanja. Harga-harga dipasar Kotkem ini miring dan murah murah looooh. Sedikit tips aja kalo mau belanja sepatu/tas disini harus pinter pinter ngabodor sama si emangnya, SKSD aja biar nanti dikasih murah. Soalnya waktu sekolah aku sering banget nganter temen temen aku kesini, buat beli barang terus dijual lagi atau dipake sendiri).

Dan salah satu hal yang bikin aku cinta kota kembang adalah DVD dan CD BAJAKAN ;)). Yah, KOTA KEMBANG adalah pusat DVD/CD di Kota Bandung. Semuanya LENGKAP, MURAH, pokoknya belanja CD disini mah kenyaaaaaang deh ;3,  kasetnya juga bagus dan kualitasnya bersaing, jarang eror. Justru kalo aku beli DVD/CD di toko toko malah suka eror dan gamau jalan. Berarti DVD player aku emang jodohnya sama kaset bajakan di Kota Kembang ;3.

==========================================================================
Baiklah!!
DAN….
Setelah kami semua para Aleut Rangers berjalan kesana kemari menyusuri sejarah kuliner Bandung, akhirnya kami sampai di TOKO SIMANALAGI.

(Di atasnya banyak tergantung pisang, yah soalnya emang toko ini SPESIALIS jual menu pisang goreng yang unik unik. Tapi selain pisang di sini juga dijual MENU MAKANAN lainnya, dan semuanya ENAK ENAK, kayaknya sih. Soalnya aku ga nekad beli semuanya buat tahu gimana rasanya, itumah penjajahan financial ==a.

Maap nih yah,kalo liat gambar gambar gini jangan pas bulan puasa.inget…

(Ada yang bisa nyebutin gak nama nama makanan digambar itu apa aja? aku cuma nyebutin dua, LONTONG sama KUE LAPIS doang -_-“).

(Nah, kan keliatan banget muka lapernya…. ;)). Itu semuanya MAKANAN, dan DIJUAL. Range harganya sih lumayan dan terjangkau, tapi kalo ini dijual di SEKOLAH aku dulu, kayaknya 2 kali ronde jajan aja udah bikin bangkrut sih -__-“).

MANALAGI?MANALAGI MAKANANNYA?

(Nah itu salah satu minuman khas Toko Simanalagi. Nama minumnya susah,lupa juga (ternyata Sarsaparila hehe) -__-” yang jelas ini RASANYA UNIK coy, rasanya kaya rasa SODA BALSEM ;3 enak banget, seger, harga satu botolnya 4 RIBU RUPIAH ;3 kalo buka puasa pake ini pasti mantap jaya ).

Oke.gimana?udah ngiler?
Stop. Dulu deh pamernya makannya. Jangan kelamaan makan dan jajan juga. ALARM DANGER di dompet udah nyala nyala nih. Jalan lagi aja yuk, leut!
==========================================================================
Nah,selesai dari SIMANALAGI. Kita langsung ke SIDODADI. Itu spesialis TOKO ROTI.

Nah Toko Sidodadi ini menjual berbagai macam jenis, rasa, dan bentuk roti. Tapi aku ga sempet masuk ke dalem. Soalnya penuh banget, dan konon di dalem Toko Sidodadi itu terdapat GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK yang super kuat. Kalo kita masuk dompet dan duit kita bisa ketarik buat beli rotinya, Baaaah!.

Dan disamping Toko Sidodadi ini ada yang jualannya CINGCAU ;)). Ada yang belom pernah makan CINGCAU?. Kasian deh lah yau ;3.

(Nah tapi ini cingcau nya beda.soalnya ini cingcau obat,dan gulanya gak sama kaya cingcau biasanya. Yah,ini BUKAN CINGCAU BIASA. Bisa jadi OBAT PANAS.panas apa yah? yang jelas bukan panas hati…errrr!..

DAN…kami semua pun foto foto dulu sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Ngaleut gak lengkap rasanya tanpa jeprat sana sini ;3
=========================================================================
Dan dari SIDODADI, kita menuju ke Jalan Kalipah Apo. Nah sebagai anak gaul saya merasa gagal, soalnya saya baru tahu dibandung itu ada JALAN KALIPAH APO *kamana wae neng?*.

Dan…tujuan kami ke jalan KALIPAH APO adalah untuk….

LOTEK LAGI???MABOK LOTEK -__-”
yah ,kalem aja kali gausah kaget gituh. Ini namanya LOTEK KALIPAH APO 42. Toko lotek yang bentuknya udah lebih modern. Gak pake tenda biru tanpa janur kuning kaya Lotek Alkateri tadi. Tapi gak ada yang beli lotek disini sih, jadi kita kesini lewat doang, yah itung itung nambah ilmu lotekologi lah.

DAN…ternyata! di samping toko lotek ada yang jualan BOLA NAGA

Oke. Itu bola UBI sebenernya. Cuma bentuknya KEREN sih..bulet, orange, nyala. Kaya DRAGON BALL alias bola naga ;))). Harganya murah juga, enak lagi, manis ;)))si emang-nya bisaan bikin bola bola ubi yang eksotis dan cantik macam ini. Kaya bola naga dan liontin asmara.

DAN! ada satu FENOMENA tak biasa saudara saudara! hanya ada di bandung sepertinya, dimana sekarang BMW tak lagi dijual di SHOW ROOM, sekarang BMW diperjualbelikan di PINGGIR JALAN secara KAKI LIMA, bahkan BISA DIMAKAN. Kaget gak? kaleem..gaperlu sampe salto sambil bilang WAW ya ;).

oke,NO PIC HOAX.ini buktinya…

(nah…gimana?percaya kan kalo di Bandung mah BMW dijual di tenda pinggir jalan dan bisa dimakan??? ;))) )
==========================================================================
OKE dan kisah FENOMENA BMW KAKI LIMA tadi mengakhiri ALEUT KULINER kita hari ini. Tadinya kita semua mau FINISH di kawasan Pecinan, cuma jauh teuing. Udah pada cape kasian. Padahal aku mah masih kuat jalan sih ;))).
Yaudah akhirnya kita semua mengakhiri ALEUT KULINER dengan sharing dan cerita cerita di LAPAK TOKO di Jalan Gardujati. DAN KALIAN TAHU APA? berkali kali kami harus pindah LAPAK karna mendapat “pengusiran secara halus” yah. Si pemilik toko tiba tiba datang dan akan membuka tokonya, jadi kami harus segera langkah tegak maju jalan,dan duduk di lapak lainnya heheheh.
Inilah potret wajah para Aleut Rangers yang LELAH dan LAPAR. Okey, ini judulnya emang ALEUT KULINER tapi tetep aja pada kelaperan yah -_-“.

Nah, berakhirlah ALEUT KULINER kami hari itu. Kami semua pun pulang ke habitat dan alam masing masing. Sebenernya beberapa diantara kami ada yang memutuskan buat makan lagi, nambal lambung yang ternyata masih laper. Cuma saya memutuskan untuk langsung hengkang, karena ada keperluan lain dan mau ketemu temen, ehm ga penting juga sih saya ceritain yah -_-” oke SEKIP.
Sekian laporan ALEUT KULINER-nya. Kesan saya di ALEUT KULINER adalah ya, betapa saya sedikit malu dan merasa gagal sebagai anak gaul Bandung, saya gatau dibandung ada SIMANALAGI ada SIDODADI *kemana wae neng* , meskipun saya orang Lembang sih sebenernya, tapi kan pergaulan saya besar dan luas di Bandung. Jadi saya juga harus mengapresiasi titik titik sejarah Kota Bandung, sekalipun itu hanya sejarah dari secolek lotek dan setetes kopi.
Mohon Maaf bila dalam postingan ini banyak TYPO dan salah kata.kalo ada yang tersinggung yah maaf juga ,eh tapi kenapa harus tersinggung?-__-” kesempurnaan hanya milik allah dan milik lagu andra and the back bone.
Sampai Jumpa di Cerita Aleut kami selanjutnya.SAMPURASUN DADAH ;)))
========================================================================
SUMBER PHOTO:
Album Facebook & Dokumentasi saya
MODEL PHOTO:
BRAGA
RESTORAN SUMBER HIDANGAN
BRAGA PERMAI
GEROBAK LOTEK ALKETIRI
WARUNG KOPI PURNAMA
TUKANG BOLA NAGA
BOLA NAGA
LOTEK KALIPAH
GEROBAK BMW KAKI LIMA
BAPAK DAN 3 ANAK GUNDULNYA
TOKO SIDODADI
TOKO SIMANALAGI
MAKANAN,KUE,MINUMAN
CENDOL
ALEUT RANGERS
Dan semua unsur dalam poto yang takterdefinisikan,tak teruliskan,karna banyak teuing nanti bikin lieur yang baca.thanks.

 

 

 

Iklan

3 pemikiran pada “Aleut Kuliner, Maknyos!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s