Bandoeng Voetbal Bond

Sepakbola sejak dahulu dikenal sebagai salah satu cabang olahraga paling populer. Sejarah mencatat bahwa rintisan organisasi olahraga di Bandung telah dimulai sejak pendirian Asosiasi Olahraga “Uni”. Kegiatan olahraga sepakbola sendiri awalnya dilakukan di Pieterspark (taman balai kota sekarang) dan sebidang lahan di Jalan Jawa yang kini ditempati gedung Bala Keselamatan.

Kapan tepatnya organisasi sepakbola di Bandung didirikan agak sulit untuk ditentukan, namun tampaknya organisasi olahraga tertua, UNI dan SIDOLIG yang diketahui didirikan tahun 1913 bisa menjadi acuan. Kapan mulanya organisasi perserikatan sepakbola didirikan di Bandung juga agak sulit ditentukan, namun peraturan kota pertama yang mengatur soal itu disetujui pada sidang tanggal 1 Februari 1914.

Bandung Voetball Bond (B.V.B.) kemudian diakui berdiri secara hukum pada tahun 1914. B.V.B. turut merintis pembentukan Asosiasi Sepakbola di Hindia Belanda (NIVB). Pada tahun 1918 mereka atas inisiatif sendiri mengadakan kongres di Hotel Preanger. Namun atas oposisi dari klub lainnya, Asosiasi Sepakbola Hindia Belanda baru bisa berdiri setahun sesudahnya di Batavia.

B.V.B. berinisiatif mengadakan Liga Sepakbola Militer yang sempat mengalami kesuksesan. Namun akibat kekurangan dana, liga sepakbola militer ini dihentikan tahun 1930.

Pada tahun 1930, BVB telah mengafiliasi 7 perkumpulan sepakbola, dengan partisipasi 24 team yang terlibat di berbagai pertandingan. Jumlah anggota BVB sendiri pada tahun 1930 terdiri dari 540 orang Eropa, 131 Pribumi, 57 orang China dan 1 orang Timur Jauh. Jumlah ini merupakan penurunan karena pada tahun 1925, organisasi ini pernah mencatat keanggotaan sebanyak 1100 orang.

Oleh : M.Ryzki Wiryawan

Iklan

Satu pemikiran pada “Bandoeng Voetbal Bond

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s