Profil Dr. J. W Ijzerman

Seorang Insinyur, Arsitek, Arkeolog, dan Akademisi…Semuanya terangkum dalam diri seorang Dr. J. W. IJZERMAN (1851—1932), Perintis pembangunan jalur kereta api di Hindia Belanda, serta pimpinan komisi perguruan tinggi Hindia Belanda yang mendirikan Technische Hogeschool (ITB).

Berlatar belakang pendidikan militer Breda, Ijzerman memulai karirnya di Hindia Belanda sebagai staff peneliti bagi kemungkinan pendirian jalur kereta api di Sumatra. Tugasnya dilakukan dengan perjuangan berat mengingat ganasnya medan hutan Sumatra saat itu. Kemampuannya yang tinggi, membuatnya dikenal sebagai insniyur paling berpengaruh di bidang perkeretaapian yang tengah dirintis di akhir abad 19.

Pada pertengahan 1878 IJzerman diangkat sebagai insinyur yang menangani proyek pembuatan jalur Bogor-Bandung-Cicalengka. Salah satu karyannya adalah Stasiun Bandung (lama) yang didesain oleh dirinya.

Pada tanggal 30 Mei 1917 didirikanlah Komite sekolah tinggi teknik di Hindia Belanda yang diketuai Dr. C.J.K. van Aalst, yang kemudian diganti oleh J.W. Ijzerman. Tugasnya antara lain mengumpulkan dana untuk pendirian sekolah tinggi teknik di Hindia Belanda.

Dalam pertemuan di Batavia pada bulan Mei 1919 ditetapkan bahwa Perguruan Teknik itu akan bernama “Technische Hogeschool”. Ijzerman sempat dihadapkan pada pilihan Solo, Yogyakarta, Jakarta atau Bandung sebagai lokasi sekolah. Walikota Bandung B. Coops lantas menyatakan bersedia memberikan sebidang lokasi di Bandung Utara seluas 30 Hektar, terletak di antara Cikapundung dan Dago untuk ditempati sekolah tersebut. Ijzerman menyetujui usul itu, didukung oleh Gubernur jenderal Mr. J. P. Graaf Limburg Stirum.

Untuk mengenang jasa-jasanya dalam pendirian sekolah tinggi di Bandung, Prof. Odé merancang suatu taman di selatan TH (ITB) yang dinamai Ijzerman-park, dan sekarang bernama taman Ganesha. Sebuah patung dada Ijzerman sempat bertengger di utara taman itu sebelum kemudian dicopot di jaman jepang, dan saat ini tersimpan di gedung rektorat ITB.

Iklan

Satu pemikiran pada “Profil Dr. J. W Ijzerman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s