Loge Sint Jan si Gedung Setan!

Bandung dikenal sebagai salah satu pusat gerakan Vrijmetselarij (Freemasonry) di Hindia Belanda. Loge Freemason Bandung bernama “Sint Jan” didirikan tahun 1896 dan merupakan Loge ke-13 di Hindia Belanda.

Kegiatan Sint Jan antara lain membuka perpustakaan “De Openbare bibliotheek van Bandoeng” . Dari perpustakaan inilah Soekarno selama masa penahanannya di Banceuy memperoleh buku-buku yang dijadikan referensi dalam pembuatan peldoi Indonesia menggugat. Selain itu Sint Jan mengadakan kegiatan “Pro Juventute” untuk membina remaja nakal. Di bidang ekonomi, Sint Jan memberikan kredit ringan kepada masyarakat untuk memerangi rentenir. Di Bidang pendidikan, mereka mendirikan Bandoengsche Schoolvereniging yang berhasil mengadakan 3 sekolah dasar, 3 sekolah menengah dan sebuah Taman Kanak-kanak. Aksi terkenal lainnya dari perkumpulan Freemason Hindia Belanda adalah sokongan bagi pendirian lembaga orang buta di Bandung.

Sebelum dibongkar tahun 60an, Loge Sint Jan disebut sebagai ‘Gedung Setan’ oleh masyarakat karena konon berbagai upacara ritual asing dan aneh pernah dilakukan di dalamnya. Kini di atas lokasi Loge tersebut telah berdiri suatu Masjid ‘Al Ukhuwah’ yang mungkin disimbolkan sebagai upaya menetralisasi ‘kekuatan jahat’ yang pernah bersarang di tempat tersebut.

Oleh : M.Ryzki Wiryawan
Iklan

5 pemikiran pada “Loge Sint Jan si Gedung Setan!

  1. saya cuma mau klarifikasi sedikit..heheh.karena blog ini bisa dibaca siapa saja. lodge sint jan ini dijadikan masjid bukan supaya menetralisir kekuatan jahat seperti estimasi penulis, melainkan gedung ini memang dijual kepada seorang muslim yang pernah mempunyai hubungan yang baik dengan salah seorang anggotanya. kalu tidak, nama masjid yang dibangun namanya belum tentu menjadi masjid Al-Ukhuwah dan arsitekturnya menggunakan segitiga sacred geometri dari arstitek masonri.saya mohon ada ralat redaksional supaya tidak terjadi salah pengertian mengenai lodge freemason tersebut..terimakasih..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s