Tentang Sebuah Kota yang juga punya JIWA

Oleh : ‘Ambu’ Trisa Virgalanti

Saya sebenarnya tidak tahu harus memulai dari mana, unek-unek ini muncul ketika berjalan-jalan bersama Komunitas Aleut,pun ketika berjalan-jalan sendiri…

Saya sangat mencintai kota ini-Bandung-lengkap dengan segala kekurangannya dan kelebihannya tentu.

Ya,langsung saja,saya sangat tidak kuat melihat beberapa gedung tua dan yang menjadi tua,begitu sangat terlantar.

Melihat beberapa lahan yang tak terurus dan tidak diurus menjadi sangat terbengkalai.

Dan kota ini pun menua dan menderita sakit,jika dalam bilangan ,gedung-gedung terlantar dan lahan-lahan terbengkalai tersebut,semakin banyak dalam bilangan…semakin menyeruak…semakin memnyakitkan mata dan jiwa orang-orang yang mencintai kota ini.

Baik,masuk ke masalah teknis,di mana untuk urusan ini,saya sangat awam…

Wahai Pemerintah Kota yang Mulia,dapatkah ada suatu rancangan peraturan tata kota yang khusus mengatur hal-hal tersebut di atas, memberikan sebuah bentuk penalti yang memaksa orang-orang yang mempunyai gedung dan lahan yang sengaja ditelantarkan hanya untuk merusak keindahan sebuah kota,untuk diberikan sebuah penalti,supaya tidak menyia-nyiakan harta tak bergeraknya ini.

Pemerintah Kota untuk kasus seperti ini,harusnya melakukan penelusuran secara kasuistis,sebab bisa saja si pemilik sudah meninggal dunia,tak punya penerus yang dapat dihibahkan,misalnya,atau si pemilik dalam posisi kebangkrutan.

Jadi Pemerintah Kota bisa mmemberlakukan penalti tidak secara kaku,tapi penuh bijak.

Bisa kan,Pemerintah Kota belajar bijak dari sekarang dan peduli atas Kota nya yang memberikan kemuliaan buat mereka.

Sahabat, sementara saya simpan sepenggal harapan ini dulu,ada greget lain,saya coba sambung lagi…

Ayooo cintai kota mu masing-masing, sebab kota punya Jiwa, Tumbuh,Berkembang dan Mati  pada akhirnya untuk ditinggalkan penghuninya…

Saya mencoba dengan tangan lemah ini,untuk turut serta memperpanjang umur kota Bandung tercinta…

awal januari 2011

tv

Iklan

7 pemikiran pada “Tentang Sebuah Kota yang juga punya JIWA

  1. Mudah2 warga bandung bisa mencintai kotanya yang penuh dengan berjuta warna. Bandung merupakan salah satu kota yang memberikan warna hidup dalm perjalananku.

    salam kenal ya …..

  2. urun info :

    Bandung disebut-sebut sebagai kolektor terbesar bangunan bergaya art deco di dunia. Julukan ini diberikan karena banyaknya bangunan bersejarah pada masa art deco style sedang trendi. Bangunan bersejarah merupakan kekayaan Kota Bandung yang luar biasa, membentuk karakter fisik kota, bahkan seperti dikatakan ambu Trisa : menjadi jiwa kota.

    Pada tahun 1997 Bandung Heritage melakukan inventarisasi bangunan-bangunan bersejarah ini. Tercatatg ada 420 bangunan gedung, terdiri atas bangunan kantor, gudang, peribadahan, sekolah, toko, rumah, dan fungsi lain. Dari 420 bangunan itu, 340 bangunan termasuk kelas A, 79 bangunan kelas B, dan hanya 1 bangunan kelas C. (update 17 Desember 2010).

    Sebagai upaya pelestarian bangunan-bangunan bersejarah, tahun 2009 Pemkot Bandung memberlakukan PERATURAN DAERAH NOMOR : 19 TAHUN 2009 TENTANG PENGELOLAAN KAWASAN DAN BANGUNAN CAGAR BUDAYA.

    Merujuk kepada Perda tersebut, penggolongan bangunan bersejarah didasarkan pada kriteria : a. nilai sejarah; b. nilai arsitektur; c. nilai ilmu pengetahuan; d. nilai sosial budaya; e. umur. Berdasarkan kriteria ini bangunan bersejarah dibagi 3 golongan :
    – Golongan A (Utama), apabila memenuhi 4 kriteria
    – Golongan B (Madya),apabila memenuhi 3 kriteria
    – Golongan C (Pratama), apabila memenuhi 2 kriteria.

    Dengan demikian, 76% dari bangunan bersejarah di Kota Bandung (hasil inventarisasi Bandung Heritage) memiliki 4 nilai dari 5 kriteria yang ditetapkan Perda.

    Semoga menjadi perhatian kita semua, agar Bandung tetap berjiwa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s