Ngaleut Taman Episode 1

By : Adri teguh Bey Haqqi
Bandung, Minggu 07 Juni 2009.

INFO ALEUT : ayo kita jelajahi taman kota dan rumah kolonial.kumpul di jalan sumur bandung no.4 hari minggu 070609 jam 07.07 pagi.
Seperti itu pesan yang saya terima dari seorang pegiat aleut pada hari sabtu tanggal 060609.*isi singkatnya.

berhubung suka telat jadi aku saya adri teguh bey haqqi berencana akan menginap di rumah pa koordinator jalan sumur bandung no.4 supaya dibesok hari tidak akan telat berkumpul dan bisa mengikuti brieving bersama.
saya mengajak pegiat aleut yang lainnya tetapi yang mau diajak saya cuma ica ama caca.tak apalah daripada ga ada teman.

ica ma caca lg tidur.

ternyata tidur di rumah orang lain juga sama saja, bangun telat. baru bangun pukul 07.00 wib lebih dikit lah. itu juga bangun gara gara denger suara yang parau serak serak basah ciri khas om bang br ridwan.
langsung ajah melakukan ritual trus mandi dulu. eh beres mandi ada bala bala satu keresek penuh ternyata teh widi yang bawa. alhamdulillah rezeki mah dateng darimana wae. terima kasih teh widi.
beres mandi dll tuh jam 07.30 am dan masih banyak pegiat yang belum tiba di sumur bandung no.4 ini.

pukul 08.00 wib semua pegiat yang akan ikut ngaleut telah datang semua. ada bang ridwan,om adhi,a ayan,ibu budi,kang asep,teh cici,teh dila,teh widi,teh uti,teh dinda,teh uni,a ajay,a candra,a indra,teh adinda,a yanto,a elgy.
setelah melakukan briping mengenai jalur yang akan dilewati dan berdoa bersama demi keselamatan semua akhirnya kita pun melangkahkan kaki menuju taman pertama yang akan di lewati.

brivingan..
serius..

tidak jauh dari sumur bandung no.4 kita telah tiba di sebuah taman segitiga di belakang itb simpang tiga gitu.
padahal baru jam 8an tapi si cahaya matahari terik sangat panas sekali menyengat kulit kita.
di simpang tiga ini bang ridwan menerangkan mengenai suasana sekitar siliwangi pada zaman dulu dan kemudian menjelaskan sebuah park yang dulunya itu jubileum park dan sekarang sudah menjadi kebun binatang bandung.
ternyata dulu itu sebagian besar taman sari dari taman sari sampai lebak siliwangi adalah jubileum park. pada tahun 1923 taman ini diresmikan untuk memperingati jubileum ratu wilhelmina dari Belanda.
dulu di bagian selatan jubileum park ada prasasti jubileumpark. sampai tahun 50-an masih bisa dilihat, tetapi setelahnya tidak tahu ada dimana.

di simpang tiga.br menjelaskan jubileum park

kemudian kita melanjutkan kembali perjalanan memasuki kawasan kampus itb.
itb merupakan kampus pertama yang ada di hindia-belanda. dulunya Technische Hoogeschool (THS) yang diresmikan pada tahun 1920.
para pegiat berjalan-jalan di dalam kampus itb yang udaranya sejuk, damai, aman, tenang, tentram, sedikit kendaraan yang melintas, dan sesekali terlihat para mahasiswa yang sedang melakukan joging atau berlatih taekwondo dan karate juga mahasiswa yang sedang berdiskusi.*beda banget lah ama unpad nangor mah komo deui upi jauh!!hehe..
kita dikejutkan oleh sebuah cerita dari BR kalau di THS ada gedung yang kayak gedung kuliah di harvard gitu. kita berharap bisa masuk ke gedung Fisika itu, namun sayang di gembok. kita hanya bisa mengintip dari sebuah lubang kecil.*bari jeung teu kaciri.
di dalam itb saya menemukan beberapa plakat yang masih menempel di dinding-dinding gedung.banyak plakat yang ada nama boscha nya. opa boscha ini adalah salah seorang donatur pendiri ths.
dari yang saya lihat gedung gedung itb bentuknya unik. gedungnya beratap gaya minangkabau tapi pondasi bergaya eropa.keren!!
oh ternyata gedung nya itu karya Ir. Hendri Maclaine Pont.

para sesepuh..

keluar dari THS kita sudah disuguhi oleh sebuah taman lagi.nama tamanya itu ijzerman park.sebagai tanda terima kasih buat bapak Dr.Ir.J.W.Ijzerman yang sangat berjasa besar dalam pendirian THS, maka pada tahun 1919 dibangun sebuah taman yang sangat indah,rapih,artistik sehingga apabila kita lihat dari udara akan terlihat seperti huruf Y.
kata BR tahun 80an si taman ini masih asri (bukan cici) terus ada air mancur kursi taman terowongan dari pohon merambat gitu, terusterus ada di belakang patung kubus ga jelas yang tembok setengah lingkaran ada nama-nama gunung yang mengelilingi Bandung.HEBAT!!
selain itu juga di pintu masuk taman bagian utara didirikan sebuah patung dada Dr.Ir.J.W.Izjerman. tahun 60-an patungnya diganti jadi patung ganesha. patung ganesha diganti dengan patung yang katanya artistik terbuat dari logam anti karat sampai sekarang.
katanya patung dada Dr.Ir.J.W.Izjerman tersimpan di dalam gedung rektor itb di simpang tiga sulanjana taman sari. tapi tidak tahu juga, karena saya sendiri belum melihat.
sekarang tuh nama tamannya berubah jadi taman ganesha.

Referensi :

http://bandungtempodulu.com/taman_dan_lahan_kota/izjermanpark.html

http://bandungtempodulu.com/taman_dan_lahan_kota/jubileumpark.html

http://bandungtempodulu.com/gedung_arsitektur_belanda/gedung_sekolah/technische_hoogeschool.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s