Cikuray

mooibandoeng

12547142_1677963192460132_1131282353_n

Gunung Cikuray, 2.812 mdpl, di Kabupaten Garut. Di sekeliling lerengnya berdiri perusahaan2 perkebunan sejak masa Hindia Belanda, salah satunya merupakan milik Karel Frederik Holle yang sebelumnya menjadi administratur Perkebunan Teh Cikajang.

Kegiatan KF Holle di Cikuray tidak hanya berhubungan dengan teh, tapi juga dengan naskah2 Sunda kuno dan sebuah peta kuno yang dibicarakannya dalam tulisan “De Kaart van Tjiela of Timbanganten”. Peta kuno ini tergambar pada sehelai kain boeh dan diperkirakan berasal dari akhir abad ke-16. Isinya menggambarkan nama2 tempat, sungai, dan gunung di Jawa Barat yang ditulis dalam aksara Sunda.

Nama pada lokasi Jakarta sekarang disebut dengan Nusa Kalapa dan di sebelah selatannya terletak kota Pajajaran, di antara Ciliwung dan Cisadane.

Untunglah Holle sempat menyalin isi peta asli dan menambahkan beberapa keterangan lain, juga dengan huruf Sunda, karena ternyata pada tahun 1975 diketahui telah hilang. Yang masih tersisa sekarang ini hanyalah salinan oleh Holle itu saja.

Lihat pos aslinya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s