#PojokKAA2015: Sel Soekarno di Banceuy Juga Ikut Berbenah

Oleh: Arya Vidya Utama (@aryawasho)

Proyek Perbaikan Bekas Sel Soekarno

Proyek Perbaikan Bekas Sel Soekarno

Ada hal menarik pada saat saya berkunjung ke Jl. Banceuy pada hari Rabu kemarin. Di sekitar Bekas Sel Penjara Soekarno, terlihat tengah berlangsung proyek perbaikan. Pada saat bertanya kepada salah satu pekerja untuk menanyakan proyek apa yang sedang berlangsung, saya lansgung diarahkan untuk bertemu Pak Ahmad, petugas penjaga situs ini.

Pak Ahmad bukanlah nama yang asing bagi saya dan pegiat Komunitas Aleut, karena tahun lalu kami pernah berbincang dengan beliau seputar Soekarno dan situs yang ia jaga secara sukarela. Ia seringkali mengeluhkan tidak adanya bantuan operasional dari pemerintah maupun keluarga dari Soekarno dalam pengelolaan situs ini.

Pak Ahmad, Petugas Penjaga Sel Soekarno

Pak Ahmad, Petugas Penjaga Sel Soekarno

Saat bertemu lagi dengan Pak Ahmad, saya cukup terkejut. Di saku kemeja batiknya terlihat nametag yang bertuliskan “Provinsi Jawa Barat”. Iseng saya bertanya pada beliau, dan memang betul sejak akhir tahun 2014 Pak Ahmad diangkat sebagai pegawai Pemprov Jawa Barat yang bertugas untuk menjaga situs ini. Saya merasa lega karena akhirnya pihak pemerintah daerah mau peduli dengan Pak Ahmad dan situs ini.

Blueprint Proyek Perbaikan Sel Soekarno

Blueprint Proyek Perbaikan Sel Soekarno

Menurut Pak Ahmad, proyek yang sedang berlangsung di situs ini merupakan bagian dari persiapan perayaan Konferensi Asia-Afrika 2015 yang puncak acaranya akan berlangsung pada 24 April 2015. Nantinya, di sekitar sel ini akan dipasang patung perunggu Soekarno yang sedang duduk membaca buku. Akses masuk utama pun dialihkan ke Jl. Banceuy, bukan lagi dari Jl. Belakang Factory.

Patung Perunggu Soekarno yang Akan Ditempatkan di Situs Ini

Patung Perunggu Soekarno yang Akan Ditempatkan di Situs Ini

Proyek ini menurut Pak Ahmad diharapkan bisa selesai sebelum tanggal 20 April 2015, meskipun proyek ini sendiri baru dimulai tanggal 1 April. Untuk mengejar waktu penyelesaian, proyek ini berlangsung pagi hingga malam hari. Saat saya ajak bercanda dengan sebutan “Proyek Sangkuriang”, Pak Ahmad pun tersenyum.

Meskipun proyek ini terlihat paralel dengan proyek perbaikan yang berlangsung di Jl. Braga, dan sebagian ruas Jl. Asia-Afrika, rupanya perbaikan sel ini tidak didanai oleh biaya dari pemerintah maupun partai politik. Menurut Pak Ahmad, dana perbaikan sel ini berasal dari dana udunan beberapa warga yang peduli dengan kondisi situs ini.

Proyeksi Visual Setelah Perbaikan

Proyeksi Visual Setelah Perbaikan

Semoga saja setelah proyek perbaikan ini selesai, situs Bekas Sel Penjara Soekarno ini lebih mendapat perhatian dari warga Bandung maupun pemerintah daerah.

 

Foto: Arsip Arya Vidya Utama

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s