Kelom Geulis Sang Putri Duta Besar

Suatu peristiwa unik terjadi pada Perayaan 10 Tahun Kemerdekaan Indonesia di Kedutaan Besar RI di London. Kala itu seorang juru potret dalam negeri berhasil mengabadikan beberapa wartawan Inggris yang tengah membidik tubuh bagian belakang sdr. Suharmi Sentanu, Putri Soepomo, Duta Besar RI di Inggris.

Apa kiranya yang menarik perhatian para wartawan Inggris itu? Apakah kecantikan sang Putri Dubes? Ternyata tidak, Jawabannya baru terkuak sore harinya dalam harian “Evening Standard” tanggal 17/8-55 yang terbit di London. Ternyata di halaman muka koran tersebut terpampang gambar tumit Suharmi yang tengah mengenakan Kelom Geulis berbentuk kepala dewa Kala.

Rupanya bentuk kelom geulis ini begitu menarik perhatian para wartawan Inggris. Melalui kelom geulis ini seluruh London mengetahui bahwa di rumah Pak Pomo pada tanggal 17 Agustus 1955 telah diadakan perayaan hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang ke-10.

Isi terjemahan teks yang tercantum di koran Evening Standard itu sbb.:

Sebuah bendera dinaikkan dan selama satu menit orang berdiam diri hari ini di kedutaan besar RI di London. Upacara hari ulang tahun ke-X Proklamasi Indonesia. Duta Besar R. Soepomo mengucapkan pidato. Di antara hadirin tersebut terdapat puterinya yang berusia 19 tahun – Ny. Suharmi Sentanu.

…dan sebuah catatan :
Ny. Sentanu memakai sepasang kelom geulis berkepala “Dewa Kala”

>>>
Silakan mengambil makna dari kisah yang menurut saya sangat menarik ini…

Oleh : M. Ryzki Wiryawan (@ryzkiwiryawan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s