Rancangan Kampus UPI

 

UPI (Universitas Pendidikan Indonesia) yang semula bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) didirikan tanggal 20 Oktober 1954, diresmikan oleh Menteri Pendidikan Pengajaran saat itu, Mr. Muhammad Yamin.

Kampus ini bermula dari sebuah bangunan Villa Isola yang sejak didirikan tahun 1933 telah berkali-kali berpindah tangan. Pada tahun 1954, pemerintah membeli Villa Isola beserta tanahnya seluas 7,5 hektar seharga 1,5 juta rupiah untuk dijadikan komplek Perguruan Tinggi Pendidikan Guru Bandung. Saat itu pula nama Villa Isola diubah menjadi Bumi Siliwangi..

“Nama Bumi Siliwangi tempat berkuliah adalah sindiran kepada geria tempat kediaman jang menjinarkan tjahaja keruhanian dan rasa kepahlawanan bersedjarah. Nama Siliwangi membawa djiwa pendidik kealam sakti tanah Pasundan dan memperingatkan kita kepada kebaktian dan djasa pemuda-pedjuang dalam zaman revolusi ketika menegakkan dan memelihara negara kesatuan Republik Indonesia. Dan sungguhlah pula lebih dari pada itu” (JM Menteri PP dan K Muh. Yamin dalam Pidato pembukaan PTPG tgl. 20 Oktober 1954)

Gambar di atas adalah rencana pembangunan kampus PTPG (UPI) yang dibuat tahun 1955.

Oleh : M.Ryzki Wiryawan

Iklan

Satu pemikiran pada “Rancangan Kampus UPI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s