Jadi Pemandu Wisata Kota Sendiri Yuk!

Oleh : Fadhli A.Sadar

Terbayang tidak,kalau suatu saat ada teman kita dari luar daerah, atau luar negri datang berkunjung ke kota kita? dan yang kita ceritakan paling tempat makan,minum, wisata, dan tempat hiburan lainnya. Akan sangat garing rasanya yang kita bicarakan hanya itu itu saja. Namun alangkah menariknya jika kita menceritakan tempat-tempat bersejarah yang ada di kota kita.

Nah dari gagasan tersebut komunitas Aleut ini, melaksanakan semacam pelatihan tour guide. Pelatihan tour Guide ini sebenarnya dilaksanakan untuk Aleutian,para pegiat komunitas Aleut, untuk menjadi pemandu acara-acara Aleut berikutnya nanti. Diharapkan Para Aleutian bisa membantu menjelaskan kepada peserta mengenai bangunan bersejarah sekitar Gedung Merdeka sampai ke Alun Alun kota Bandung, ujar Indra Pratama, koordinator komunitas ini.

Salah satu Aleutian, Pia Zakiyah, sedang melakukan simulasi menjadi seorang pemandu wisata di titik 0 kota Bandung (dok.fadhli)

Untuk jadi tour guide, haruslah memiliki wawasan yang baik mengenai kawasan yang akan kita terangkan nanti. Selain itu sopan santun dan wibawa sangat dibutuhkan dalam pemanduan agar,peserta tetap bisa menjaga sikap. penggunaan bahasa populer akan sangat membantu dalam menerangkan bangunan yang akan dikunjungi. Suara pemandu juga harus lantang supaya tidak ‘tenggelam’ dengan suara kebisingan lalu lintas.

Ketika suasana mulai dirasa membosankan, keluarkan candaan yang dapat mencairkan suasana. Satu lagi, terkadang peserta lebih senang jika ada cerita menarik yang unik dari kawasan yang akan dipandu. Misalnya,dulu pada saat Charlie Chaplin datang mengunjungi hotel Savoy Homann, banyak orang orang yang berkumpul mengerubuni depan hotel tepat di depan balkon ruangan hotelnya. Hal itu membuat sang bintang kesulitan untuk keluar dari hotel, dan akhirnya Charlie Chaplin pun mengakalinya dengan, menyewa aktor teater di sekitar Braga untuk berdandan seperti dirinya dan keluar untuk menyapa penggemar di balkon. Alhasil Charlie Chaplin, berhasil keluar melalui pintu belakang hotel,tanpa harus berhadapan dengan penggemarnya di Bandung.

Indiana Ayu, salah satu pegiat komunitas ini sedang melakukan simulasi pemandu wisata di depan Plakat Dasa Sila Bandung, depan Hotel Savoy Homan

Keuntungan jadi pemandu, selain menambah wawasan tentang sejarah kota Bandung, kita bisa memperluas jaringan kita, siapa tau ssalah satu peserta adalah seorang pemimpin perusahaan yang membutuhkan tenaga kita. Tertarik? kunjungi akun Facebook kita di Komunitas aleut, atau follow twitter kita di @KomunitasAleut

tulisan asli : http://fadhliakhmad.lokal.detik.com/2011/02/28/jadi-pemandu-wisata-kota-sendiri-yuk/

Iklan

3 pemikiran pada “Jadi Pemandu Wisata Kota Sendiri Yuk!

  1. 1. komentar foto tulisan : dari sekian banyak foto… foto itulah yg dipajang??? *manyun T___T
    selebihnya saya bersedia lebih banyak belajr menjadi pemandu!!!! 😀

    2. komentar foto blog : dari sekian banyak foto komunitas aleut… foto itu yg dipasanggg? *nangis kejer gak ada di foto*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s