Mayjen Prof. Dr Moestopo (1913-1986)

Tidak sedikit Pahlawan Nasional yang pernah tinggal di Bandung. Salah satunya adalah Mayjen Prof. Dr Moestopo (1913-1986) yang rumahnya ada di Jalan Dago-Dayang sumbi sampai sekarang.

Mengawali karir di bidang kedokteran, beliau kemudian sempat menjadi Kepala BKR Surabaya, Menteri Pertahanan, Penasihat Agung Militer Pemerintah, Komandan Bandung Utara, Komandan Resimen Kratibo Subang, merangkap Wakil devisi Siliwangi Utara dan Panglima Teritorial Jawa Timur dan Komandan Markas Besar Pertempuran Jawa Timur dan banyak lagi… Berbagai tanda jasa berhasil beliau sanding…

Selain dalam bidang militer, beliau juga aktif di bidang kedokteran dan pendidikan.

Beliau diangkat sebagai pahlawan Nasional pada tanggal 9 November 2007…

oleh : M.Ryzki Wiryawan
Iklan

5 pemikiran pada “Mayjen Prof. Dr Moestopo (1913-1986)

  1. Perkenalkan saya R.Muslich Moestopo, BE putra kandung Alm Bapak Mayjen TNI Prof.DR.Moestopo- Nrp : 14226 .
    Saya tingal sekarang di Kota Bandung. Dulu semasa saya belum menikah dan Ayah saya masih hidup, saya tinggal bersama ayahanda tsb di Jl.Dago – Bandung 40132 bersama Ibunda dan adik-adik saya.
    Ayahanda dilahirkan di Ngadiluwih – Kediri, 13 Juni 1913 dan Wafat pada tgl, 29 September 1986 yaitu 2 hari setelah saya berulang tahun ke-27 tahun.Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Cikutra – Bandung .
    Saya sekarang bekerja sebagai Wiraswata dan Insurance Consultant di Kota Bandung.
    Almarhum Ayahanda saya tersebut sangat teguh berpegang pada dasar negara PANCASILA yang sekarang di jaman Reformasi sudah memudar nilai-nilainya.
    PANCASILA adalah Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kokoh dan saya katakan adalah satu-satunya Ideologi Negara yang paling hebat diseluruh dunia. tidak ada tandingannya.
    dengan ideologi manapun juga di dunia ini.
    Dengan menganut system kehidupan berbangsa , bernegara serta bermasyarakat system PANCASILA dengan ke-5 silanya yang menurut saya adalah nilai-nilai universal bagi semua umat manusia diseluruh dunia yang percaya kepada TUHAN YANG MAHA ESA dan KASIH.
    sekian dan terima-kasih. kalau ada yang mau tanya silahkan kontak saya di email : r.muslichmoestopo@yahoo.com.
    Terima-kasih atas perhatian pembaca sekalian.
    Selamat bekerja.

    • Pak Muslich, ini kebetulan yang nulis namanya Ryzki, anaknya ibu Ummy yang tinggal di Sumur Bandung 4… Nanti mungkin kita dari komunitas bisa ngobrol2 lebih jauh mengenai Mayjen Moestopo karena kami anggap masih banyak hal menarik ttg beliau yg perlu digali,, Terima Kasih banyak atas tanggapannya..

  2. Bapak.Ryzki saya kenal Ibunda Bpk yaitu Ibu Ummy mantan Guru SD saya di SD Prof.DR.Moestopo dulu yang Kepala Sekolahnya waktu itu Ibu saya Ibu Lailah Moestopo.
    Coba mampirlah Pak di Ibu saya yang masih tinggal di Jl.Ir.H.Juanda 163 Bandung tetangga anda dan Ibu Ummy. Nogomong soal Riwayat My Father silahkan bicara dengan Ibu saya.
    Salam untuk Ibu Ummy. Bagaimana kabarnya.
    Terimakasih atas tanggapan Bapak.
    Bandung, 12 Juni 2012 .

    • Wah, Salam Pak Muchlis,, Kebetulan dulu juga saya sekolah di SD Moestopo… Ibu dlm keadaan sehat, beliau juga nitip salam kepada keluarga Moestopo,,

      Iya kami ingin sekali ngobrol2 ttg sejarah Perjuangan Bpk Mostopo, Insha Allah kalau ada kesempatan kami akan usahakan supaya bisa bertemu dgn Ibu Lailah,,

      Terima kasih juga atas tanggapan dan kunjungan di Blog kami,, Salam…

      • Terima kasih banyak Bapak Rizky atas tanggapannya. saya akan sampaikan salam Ibunda dan Bapak kepada Ibu saya dan Keluarga Moestopo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s