Oeroeg… ampe keringetan..

By : R.Indra Pratama
Terimakasih untuk KINE Aleut yang udah ngajakin nonton film ini.. pilihan BR tea..

Oeroeg adalah film yang dibuat oleh sutradara asal Beanda Hans Hylkema (yang menurut kang Budi dibuat untuk memperingati something about hubungan baik Indonesia-Belanda),tahun 1993, berdasarkan novel berjudul sama karya Hella Haase yang diterbitkan pertama kali tahun 1948.
Jika benar film ini dibikin untuk tujuan itu, saya malah menangkap hal yang berlawanan dengan sesuatu “hubungan baik” di film ini.
Film ini mengisahkan tentang Johan (Rik Launspach), seorang tentara “cabutan” Belanda yang lahir dan besar di Hindia Belanda lalu meneruskan kuliahnya di Belanda sebelum di”cabut” menjadi tentara dan kemudian dikirim lagi ke Indonesia untuk agresi militer (saya nggak ngeh itu agresi militer yang mana). Di Indonesia, ia pun bertekad mencari keberadaan ayahnya yang kabarnya ditawan oleh Jepang (ayahnya adalah seorang pemilik perkebunan di daerah Kebondjati). Sesaat sebelum menemukan ayahnya (yang tewas dengan cara yang sampai akhir film tidak saya ketahui), ia mengalami “pertemuan singkat” dengan sahabat lamanya, anak jongos ayahnya, yaitu Oeroeg (Martin Schwab), seorang bumiputera yang beruntung karena bersahabat dengan Johan dan dengan asuhan Lida (guru dan induk semang Johan dan Oeroeg) ia bisa memperoleh akses pendidikan tinggi.
Lalu sisa film pun dihabiskan dengan pencarian Johan akan Oeroeg, trauma kematian ayah Oeroeg dengan latar kekacauan politik Indonesia pasca kemerdekaan.

Ya itulah untuk sinopsis, karena saya benci menulis sinopsis..

Bagi saya, menginterpretasi film ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Alur maju-mundur, wajah para pemeran yang tidak khas, tidak bagusnya subtitle, serta perubahan bentuk latar karena alur maju-mundur itulah yang agak sulit untuk ditangkap bila tidak konsentrasi.
Tetapi saya sangat menyukai sudut pandang dari film ini yang mengisahkan hubungan Belanda-Indonesia, yang menjajah dengan yang terjajah, dengan Level of Analysis individual, dimana kita bisa melihat (apabila benar) bagaimana pola hubungan sosial antara orang Belanda dengan orang Indonesia, bagaimana begitu sulitnya bagi Oeroeg dan Johan untuk berteman, dikarenakan perbedaan warna kulit (racism sucks..) dan bagaimana bisa muncul banyak prasangka karena perbedaan-perbedaan yang sebetulnya horizontal.
Yang menarik lagi dari film ini adalah tokoh Lida (Josée Ruiter) yang dengan perannya yang aneh, serba tahu dan misterius, mampu memutar balikkan semua tebak-tebakan saya akan jalan cerita selanjutnya (ketika melihat dia di radio propaganda).
Yang saya dapat dari sini adalah ketika suatu hubungan “positif” (pertemanan, cinta, dll.) didasari dengan perbedaan besar yang natural (ras, etnik, dkk.) akan lebih sulit untuk mempertahankan hubungan tersebut. Hubungan pertemanan yang rusak seperti Johan-Oeroeg adalah sesuatu yang wajar terjadi jika jurang perbedaannya sebesar mereka.

4 bintang lah!

P.S : di film ini ada Ayu Azhari looo.. dan seseorang yang kalau kamu sadar itu dia, pasti akan tertawa..

film poster
Novel-oeroeg

11 pemikiran pada “Oeroeg… ampe keringetan..

  1. hmm…. pengen liad filmnya. kemarin diputar di kampus tapi g sempet nonton. sekarang masih ada yg jual g y dvd atau vcdnya, atau link downloadnya 🙂 ngeliad trailernya di youtube kayaknya nih film bagus deh.

    • Kalo yang kita tonton mah koleksi pribadi salah satu pegiat.. kalau bener2 pengen, silahkan hubungi beliau via FB : Ridwan Hutagalung (yg fotonya lg gendong anak kecil) .. siapa tahu beliau berkenan menjual kopiannya..

  2. saya sudah berhasil download Oeroeg, file AVI dari torrent.
    sayang, ndak ada subtitle englishnya…. susah cari english sub-nya

    apa boleh share link torrent disini ?

  3. Bung Indra,…anda hrs lebih dari 1x dlm menonton film ini,….mnurut sy, ulasan anda sedikit berbeda dr kenyataan di film,….sekian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s